Selasa, 03 Februari 2009

A. RESENSI BUKU BEBAS


1. Judul Buku : Teen Love on Relationships

2. Penulis : Kimberly Kirberger

3. Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama

4. Cetakan : Kedua, April 2001

5. Tebal : 432 hlm

6. Ukuran : 20 cm

7. Tema : Percintaan

Buku ini berisikan tentang permasalahan-permasalahan yang dialami oleh para remaja. Dan didalam buku ini kamu dapat menemukan kisah-kisah para remaja yang antara lain tentang permasalahan cinta dan hubungan cinta-berikut kegembiraan, ketegangan, kebingungan dan kepedihan mereka-melalui surat-surat, puisi dan kisah-kisah pribadi mereka sendiri. Kasmu juga akan mendapati kejujuran, pemahaman yang tulus dan simpati Kimberly untuk dirimu.

Dengan membaca buku ini, kamu dapat memetik sebuah makna dari salah satu kisah yang ada didalam buku ini dan mendapatkan sebuah pemahaman tentang cinta yang bisa kau ingat untuk menjalani kehidupanmu. Orang-orang dewasa pun sangat bisa membaca buku ini, agar mereka dapat lebih memahami permasalahan para remaja khususnya didalam percintaan dan membantu mereka dalam mengatasi permasalahan-permasalahan mereka mengenai cinta.

Ø Relevansi bagi pembaca :

Buku ini sangat cocok untuk dibaca siapa saja, bauk remaja maupun orang tua. Banyak sekali makna yang kita dapatkan dari membaca kisah-kisah yang ada dibuku ini, khususnya bagi para remaja. Dan banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari kisah-kisah yang ada dibuku ini, khususnya untuk para remaja dalam menjalani kehidupan mereka terutama dalam hal percintaan, DSan bagi para orang tua agar bisa memahami dan membantu permasalahan para remaja.

Ø Anatomi buku :

1. Pendahuluan

2. Cinta 1A : Pendahuluan

3. Petunjuk membaca buku ini

4. jatuh cinta Kent Nerburn

5. Isi

6. Penutup

7. Siapakah Kimberly Kirberger?

8. Para penyumbang baskah

9. Izin

Ø Profil penulis buku :

Kimberly Kirberger adalah presiden dan pendiri I.A.M for Teen (Inspiration and Motivation for Teens), sebuah perusahaan yang dibentuk khusus untuk berkarya bagi para remaja. Tujuannya adalah untuk melihat paera remaja diwakili secara lebih positif; ia yakin sekali bahwa remaja berhak mendapatkan perlakuan yang lebih baikj dan positif.

Ia banyak menghabiskan waktunya untuk membaca ribuan surat kabar dan kisah yang dikirimkan kepadanya oleh para pembaca remaja, dan untuk berkeliling di seantero negeri, berbicara pada siswa-siswa sekolah menengah dan para orangtua yang mempunyai anak remaja. Ia sudah sering muncul sebagai ahli masalah remaja di banyak acara televise dan radio, antara lain Geraldo, MSNBC, dan the Terry Bradshaw Show.

Kimberly adalah coauthor dari Chicken Soup for the Teenage Soul yang menjadi bestseller dan Chicken Soup for the Teenage Soul II yang menjadi bestseller #1, juga Chicken Soup for the Teenage Soul Journal. Ia juga menjadi coauthor Chicken Soup for the College Soul, Chicken Soup for the Parent’s Soul yanfg akan terbit, Chicken Soup for the Teenage Soul III dam Chicken Soup the Teenage Soul Letters. Selain itu ia juga menjadi penulis seri Teen Love, yang meliputi buku ini dan empat judul berikutnya, tiga diantaranya berupa workbook.

Kimberly memulai Teen Letter Project bersama Jack Canfield, Mark Victor Hansen dan Health Communications, Inc. Proyek ini menjawab berbagai surat curahan hati yang diterima pari para remaja, dan juga mengulurkan tangan pada remaja-remaja yang mengalami kesulitan dan mendorong mereka untuk mencari pertolongan dari kaum professional.

Ø Bagian yang dikritisi :

Menurut saya tidak ada bagian yang harus saya kritisi, karena bagi saya buku ini sudah sempurna. Pemakaian kata yang sederhana sehingga mudah dimengerti, penggunaan kata-kata yang menarik membuat saya ingin berulang kali membaca buku ini, atau bagian-bagian yang sangat menarik perhatian saya.

Ø Kesimpulan :

Secara keseluruhan isi buku ini menampilkan kisah-kisah permasalahan para remaja yang dikirim melalui surat, puisi dan bahkan kisah-kisah pribadi mereka sekali pun. Banyak sekali kisah percintaan para remaja yang berakhir dengan bahagia, sedih, menyakitkan, konyol, dan kebingungan-kebingungan yang dialami oleh para remaja. Dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami dan menarik serta menyentuh hati.

Tidak ada komentar: