Selasa, 03 Februari 2009

TUGAS KOMPRAK 3




A. RESENSI BUKU WAJIB

1. Judul Buku : Public Relations Writing

2. Tema : Media public relations membangun citra korporat

3. Penulis : Rachmat Kriyantono, S.Sos, M. si

4. Penerbit : Kencana Prenada Media Group

5. Cetakan : Pertama, Januari 2008

6. Tebal : 264 hlm

7. Ukuran : 23 cm

Buku ini memfokuskan pembahasan pada teknik-teknik menulis dan jenis-jenis produk tulisan sebagai media Public Relations. Tujuannya agar bias digunakan sebagai sarana publisitas media. Publisitas media sangat efektif membangun pencitraan korporat. Karena itu, upaya-upaya yang bisa mempermudah menggapai publisitas media juga dibahas secara khusus dibuku ini. Buku ini juga mengupas tentang siapa sebenarnya professional PR itu, mengupas secara detail konsep-konsep pokok PR dan publisitas media, definisi pubisitas dan fungsinya dalam pemasaran global, PR dan advertising termasuk bahasan marketing PR hingga fenomena hidden advertising, juga membahas teknis praktis penulisan media publisitas, seperti company profile, press release, newsletter, newa jurnalistik hingga PR on the net dan didalam buku ini terdapat pula contoh-contoh praktis aplikasi PR, publisitas media dan dampaknya bagi citra korporat serta contoh produk-produk penulisan.

Ø Bagian-bagian penting buku :

1. Persembahan dari penulis

2. Kata Pengantar

3. Pengantar Penulis

4. Daftar Isi

5. BAB 1. Apa yang dimaksud dengan PR

6. BAB 2. Menggapai Publisitas media

7. BAB 3. Dasar-dasar Penulisan

8. BAB 4. Menulis Berita

9. BAB 5. Press Release

10. BAB 6. Newsletter

11. BAB 7. Periklanan Korporat

12. BAB 8. Company Profile

13. BAB 9. Pidato dan Presentasi Bisnis

14. BAB 10. PR on the net

15. Daftar Pustaka

16. Tentang Penulis

Ø Relevansi bagi pembaca (khususnya mahasiswa ilmu komunikasi) :

Buku ini tentu sangat relevan sekali bagi pembaca yang khususnya dari bidang ilmu komunikasi. Selain buku ini sangat berguna bagi jurusan public relations, buku ini pun sangat berguna bagi jurusan komunikasi lainnya seperti broadcasting dan jurnalistik. Banyak sekali manfaat yang bias kita dapatkan dodalam buku ini. Mahasiswa ilmu komunikasi bisa membaca buku ini dan pastinya akan mendapatkan banyak pengetahuan, wawasan untuk bidang kalian masing-masing.

Ø Anatomi buku :

1. Persembahan dari penulis

2. Kata Pengantar

3. Pengantar penulis

4. Daftar isi

5. Isi

6. Daftar pustaka

7. Tentang Penulis

Ø Bagian yang harus dikritisi :

Menurut saya bagian yang harus dikritiki adalah kata-kata yang digunakan oleh penulis. Pada isi buku ini ada dan banyaknya pemakaian istilah bahasa inggris. Sehingga kata-kata yang ditulis dengan menggunakan istilah bahasa asing itu sulit untuk dimengerti dan diingat oleh sebagian orang yang kurang bisa berbahasa inggris. Jadi lebih baik menggunakan bahasa Indonesia saja agar mudah diingat dan diterapkan pada kehidupan sehari-hari, apalagi pada bagian-bagian yang penting.

Ø Profil penulis buku :

Penulis bernama lengkap Rachmat Kriyantono. Lahir di Surabaya, 29 Maret 1973. Setelah menyelesaikan pendidikannya di SMP Negeri 1 Surabaya (1989), dan SMAN 5 Surabaya (1992), penulis melanjutkan studi di jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Airlangga dan lulus tahun 1998. Gelar Magister Sains diperoleh dari program Pascasarjana Universitas Airlangga untuk minat studi Media dan Komunikasi 2004.

Cukup banyak pengalaman penulis dalam dunia pendidikan, baik pengajaran, penelitian maupun pengabdian masyarakat. Suami dari Heny Nurhayati, S.E dan ayah dari Hafidz Daros Airlangga dan Annisa Zahra Rahmahani ini telah berpengalaman sebagai Dosen Ilmu Komunikasi dan Public Relations di beberapa perguruan tinggi sejak tahun 1999, selain menjadi Dosen di program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Merdeka Malang, Dosen Public Relations Universitas Bhayangkara Surabaya, LP3I Surabaya maupun Universitas Pembangunan Nasional Surabaya. Penulis juga sebagai analis di Malang Media and Communications Center (MMCC) serta Koordinator Laboratorium Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya.

Selain itu juga berpengalaman sebagai instruktur di beberapa pelatihan, baik itu di bidang public relations maupun jurnalistik. Antara lain sebagai instruktur Humas dan Protokoler pada pelatihan untuk karyawan Perum Perhutani, instruktur jurnalistik dasar SMU se-Sidoarjo dan sebagainya. Sebagai announcer, scriptwriter dan reporter di beberapa radio seperti Radio Miniwatt AM, Rajawali AM, dan Surabaya ProFM. Saat ini juga aktif dalam kegiatan sosialisasi media-literacy di berbagai kalangan masyarakat. Penulis juga telah menghasilkan beberapa karya penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah.

Karya tulis berbentuk buku yang dibuat penulis sebelum ini adalah buku Teknik Praktis Riset Komunikasi : disertai contoh-contoh praktis riset public relations, media, periklanan, dan komunikasi organisasi yang membahas secara lengkap tentang berbagai aspek Riset Komunikasi. Buku yang juga diterbitkan oleh Penerbit Kencana Prenada Media Grup Jakarta, saat ini sudah cetakan ke-2.

Ø Kesimpulan :

Secara keseluruhan isi buku ini menggambarkan tentang konsep-konsep penting aktivitas PR, interaksi PR dengan bauran pemasaran lainnya, serta teknik praktis penulisan media publisitas. Lalu diperkaya dengan ulasan krtitis dunia praktis. Pembaca akan lebih mengenal secara nyata bagaimana aplikasi public relations writing, strategi press relations, , newsletter, company profile, dan lain sebagainya. Selamat membaca.

Tidak ada komentar: